Pages

Saturday 30 October 2010

John Mayer Biography

Pria yang mempunyai nama lengkap John Clayton Mayer ini lahir di Bridgeport, Connecticut pada tanggal 16 Oktober 1977. Dia adalah seorang musisi, penyanyi, penulis lagu, dan juga seorang produser musik.
Masa Kecil
Mayer adalah anak kedua dari tiga bersaudara. Dia mendapati ingin bermain gitar setelah melihat penampilan Michael J. Fox yang berperan sebagai Martin McFly di Back to the Future, dan saat dia berumur 13, ayahnya, Richard, yang seorang kepala sekolah, meminjamkannya sebuah gitar. Setelah Mayer diberi kaset lagu Stevie Ray Vaughan, yang merupakan musisi Texas Blues, dia mulai jatuh cinta kepada music blues. Mayer mulai belajar kepada pemilik toko gitar local dan mulai lihai memainkannya.
Disaat  berumur 17, dia diserang oleh penyakit cardiac arrhtymia dan masuk rumah sakitl selama beberapa hari. Dikarenakan kejadian itu, Mayer menganggap disaat itulah momen dia menjadi penulis lagu. Dia menulis lagu pertamanya disaat dia sampai rumah dari rumah sakit.
Awal Karier
John Mayer mengenyam pendidikan music di Berklee College of Music di Boston, Massachusetts saat berumur 19. Walaupun begitu, dia dan temannya Clay Cook, pindah ke Atlanta, Georgia setelah kuliah selama dua semester. Di Atlanta, Mayer dan Cook membuat band yang bernama LoFi Masters dan memulai penampilannya di kedai kopi dan klub setempat. Setelah beberapa lama bermain bersama, mereka memutuskan untuk berpisah dikarenakan berbeda aliran music. Akhirnya, dimulailah perjalanan solo karier John Mayer.
Reputasi Mayer mulai terbentuk disaat dia tampil di South by Southwest bulan Maret 2000, yang menarik perhatian dari sebuah label, Aware Records. Di tahun 2001, Mayer melucurkan album Room For Squares, yang bekerjasama dengan Columbia Records. Pelantun hits Your Body Is a Wonderland ini mendapati lagu-lagunya menjadi hits di banyak radio Amerika.
Di tahun 2003, Mayer memenangkan Grammy Awards sebagai Best Male Pop Vocal Performance. Di tahun yang sama, Mayer meluncurkan album keduanya, Heavier Things. Album itu direspon postif oleh banyak majalah seperti Rolling Stone, Allmusic, dan Blender, walaupun ada juga yang menganggap biasa-biasa saja seperti yang dilansir majalah PopMatters. Lagu Daughters, yang merupakan salah satu lagu single dari album Heavier Things, mendapatkan penghargaan Grammy Awards tahun 2005 sebagai Song of The Year, mengalahkan Alicia Keys dan Kanye West.
Pegantian Arah Musik
Mayer mulai berkolaborasi dengan musisi blues papan atas seperti Buddy Guy, B.B. King, dan Eric Clapton di tahun 2005. Walaupun Mayer mempunyai reputasi sebagai penulis lagu yang sesntif, karena sering menulis tentang kehidupan percintaannya sendiri, aliran musiknya tetap dipengaruhi gitaris blues/jazz ternama seperti Jimi Hendrix, Stevie Ray Vaughan, Robert Cray, dan Freddie King.
Musim Semi 2005, John Mayer bersama Pino Palladino dan Steve Jordan membentuk sebuah band bernama John Mayer Trio. Mereka bermain music blues yang dikombinasikan dengan rock. Setelah mereka mengadakan tur hingga tahun 2006, mereka bertiga memutuskan untuk membuat albumnya yang berjudul Try! Yang berisi 22 lagu.
Era Continuum
September 2006, Pria yang sekarang berumur 33 tahun ini meluncurkan album studio nya yang ketiga berjudul Continuum. Di album ini terdapat tiga lagu yang juga ada di album Try! Bersama John Mayer Trio, yaitu Good Love Is On The Way, Vultures, dan Try! Album ini menghadirkan suasana blues funk yang kental. Mayer mengatakan bahwa salah satu lagunya, Gravity, merupakan lagu yang paling penting yang pernah dia tulis. Di album ini, lagu Waiting on The World to Change, Slow Dancing In a Burning Room, dan Gravity menjadi hitsnya. Mayer juga menerima dua penghargaan Grammy Awards di tahun 2006, yaitu Best Pop Song (Waiting on the World to Change) dan Best Pop Album (Continuum).
Mayer mendapat julukan New Guitar Gods oleh Rolling Stone di Februari 2007 dan dipanggil sebagai Slowhand Jr. (Slowhand Sr. nya adalah Eric Clapton) karena talentanya yang luar biasa itu. Dia juga termasuk dalam 100 Most Influential People of 2007 versi majalah Time.
Battle Studies
Pada 17 November 2009, John Mayer meluncurkan album studio nya yang keempat berjudul Battle Studies. Album ini menduduki puncak Billboard 200 album chart. Lagu Heartbreak Warfare dan Who Says termasuk dalam single album Battle Studies. Meskipun begitu, Mayer tidak merasa puas atas albumnya sendiri. Dia beranggapan Battle Studies hanyalah omong kosong dan sampah. Dia menganggap album Continuum-lah album terbaik yang pernah dia buat.
Diskografi
Album Studio:
Room For Squares (2001)
Heavier Things (2003)
Continuum (2006)
Battle Studies (2009)

Live Album:
Any Given Thursday (2003)
As/Is (2004)
Try! (2006)
Where The Light Is (2008)

Lain-lain:
Inside Wants Out (1999)
The Village Sessions (2006)
On His Own (2008)

No comments:

Post a Comment